Total Tayangan Laman

Kamis, 21 Juni 2012

Indikator Ekonomi Hijau (green economy)

Menurut wikipedia,
Ekonomi Hijau adalah sebuah rezim ekonomi yang mampu meningkatkan kesejahteraan manusia dan kesetaraan sosial, yang sekaligus mengurangi risiko lingkungan secara signifikan. Ekonomi Hijau juga berarti perekonomian yang rendah karbon atau tidak menghasilkan emisi dan polusi lingkungan, hemat sumber daya alam dan berkeadilan sosial. Sedangkan ekonomi hijau ekologis merupakan sebuah model pembangunan ekonomi yang berlandaskan pembangunan berkelanjutan dan pengetahuan ekonomi ekologis.

Ciri ekonomi hijau yang paling membedakan dari rezim ekonomi lainnya adalah penilaian langsung kepada modal alami dan jasa ekologis sebagai nilai ekonomi dan akuntansi biaya di mana biaya yang diwujudkan ke masyarakat dapat ditelusuri kembali dan dihitung sebagai kewajiban, kesatuan yang tidak membahayakan atau mengabaikan aset. Untuk tinjauan umum tentang kebijakan pembangunan lingkungan internasional yang menuju ke laporan Ekonomi Hijau Program Lingkungan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNEP), lihat Runnals (2011).

Khusus untuk Indeks Global Green Economy tahun 2011, mencakup 4 dimensi, 12 sub-kategori, yang disusun dari 35 datasets:


A. Dimensi kepemimpinan:
1.           National Institutions (3)
2.           Global Media Coverage (11)
3.           International Forums (3)

B. Dimensi kebijakan domestik:
1.           Renewable Targets (2)
2.           Clean Energy Policies (7)
3.           Emissions Trending (1)

C. Dimensi cleantch investment:
1.           Investment Volume (1)
2.           Sector Vitality (5)
3.           Investment Facilitation (1)

D. Dimensi green tourism:
1.           Competitiveness (1)
2.           Accreditation Schemes (1)
3.           Ministry Evaluation (1)

Sumber: http://www.dualcitizeninc.com/ggei2011.pdf
******