Total Tayangan Laman

Selasa, 23 Agustus 2011

Indikator Kompetensi Guru


Kompetensi guru = kecakapan, keahlian, keterampilan dan kemampuan yang dimiliki oleh guru yang meliputi empat kompetensi, yaitu kompetensi yang berhubungan dengan kemampuan mengelola pembelajaran peserta didik (kompetensi pedagogik), kompetensi yang berhubungan dengan keadaan pribadinya (kompetensi pribadi), kompetensi yang berhubungan dengan masyarakat atau lingkungannya (kompetensi sosial). dan kompetensi yang berhubungan dengan tugas profesionalnya sebagai guru (kompetensi profesional).

Definisi Operasional kompetensi guru sekolah dasar negeri adalah skor yang diperoleh guru setelah mengisi kuesioner tentang kompetensi yang merefleksikan kecakapan, keahlian, keterampilan dan kemampuan guru dalam menjalankan tugas profesionalnya yang meliputi empat dimensi kajian, yakni:

Dimensi Kompetensi pedagogik dideskripsikan menjadi Indikator:

1) Pemahaman wawasan landasan kependidikan,
2) Pemahaman terhadap peserta didik,
3) Perancangan dan pelaksanan pembelajaran,
4) Pemanfaatan teknologi pembelajaran,
5) Evaluasi hasil belajar,
6) pengembangan peserta didik.

Dimensi Kompetensi Pribadi dideskripsikan menjadi Indikator:

7) Menguasai pengetahuan dan bertanggungjawab terhadap disiplin ilmunya;
8) Memiliki pengetahuan penunjang tentang kondisi peserta didik;
9) Memiliki pengetahuan tentang materi pelajaran;
10) Memiliki pengetahuan tentang perkembangan peserta didik,
11) Memiliki kemampuan memotivasi peserta didik, dan
12) Mampu menjadi panutan dan suri tauladan.

Dimensi Kompetensi Sosial dideskripsikan menjadi Indikator:

13) Mampu berinteraksi dengan sejawat,
14) Mampu berkomunikasi dengan masyarakat;
15) Mampu bergaul dan melayani masyarakat dengan baik;
16) mampu mendorong dan menunjang kreativitas masyarakat;
17) menjaga emosi dan perilaku yang kurang baik
18) Menjadi suri tauladan dan panutan masyarakat.

Dimensi Kompetensi Profesional dideskripsikan menjadi Indikator :

19) Menyelenggarakan administrasi sekolah,
20) Menyelenggarakan penelitian sederhana untuk keperluan pengajaran,
21) Merencanakan sistem pembelajaran;
22) Melaksanakan sistem pembelajaran;
23) Mengevaluasi sistem pembelajaran; dan
24) Mengembangkan sistem pembelajaran.

*****