Total Tayangan Laman

Minggu, 22 Mei 2016

Indeks Daya Saing Global



Indeks daya saing global (The Global Competitiveness Report) diterbitkan oleh World Economic Forum. Sejak tahun 2004, Global Competitiveness Report menempati urutan negara berdasarkan Indeks Daya Saing Global, yang dikembangkan oleh Xavier Sala-i-Martin dan Elsa V. Artadi. Sebelum itu, jajaran makroekonomi didasarkan pada Indeks Pembangunan Pertumbuhan Jeffrey Sachs dan jajaran ekonomi mikro didasarkan pada Indeks Daya Saing Bisnis Michael Porter. Competitiveness Index global mengintegrasikan ekonomi makro dan aspek mikro/bisnis daya saing menjadi sebuah indeks tunggal.

Laporan ini menilai kemampuan negara untuk memberikan tingkat tinggi kemakmuran bagi warganya. Hal ini pada gilirannya tergantung pada seberapa produktif negara menggunakan sumber daya yang tersedia. Oleh karena itu, Indeks Daya Saing Global mengukur seperangkat institusi, kebijakan, dan faktor-faktor yang mengatur kondisi dan pencapaian saat ini dan jangka menengah secara berkelanjutan dalam kemakmuran ekonomi.

Ada dua belas pilar daya saing yaitu:

  1. institutions (kelembagaan)
  2. appropriate infrastructure  (infrastruktur yang tepat)
  3. a stable macroeconomic framework (kerangka ekonomi makro yang stabil)
  4. good health and primary education (kesehatan yang baik dan pendidikan dasar)
  5. higher education and training  (pendidikan dan pelatihan yang lebih tinggi)
  6. efficient goods markets  (pasar yang efisien)
  7. efficient labor markets  (pasar tenaga kerja yang efisien)
  8. developed financial markets (pasar keuangan yang maju)
  9. the ability to harness the benefits of existing technologies (kemampuan untuk memanfaatkan keuntungan dari teknologi yang sudah ada)
  10. and its market size, both domestic and international (ukuran pasar, baik domestik dan internasional)
  11. by producing new and different goods using the most sophisticated production processes (memproduksi barang baru dan berbeda dengan menggunakan proses produksi yang paling canggih)
  12. innovation (inovasi)

******