Total Tayangan Laman

Jumat, 01 Agustus 2014

Mengukur Karakter Sosial Ekonomi Organisasi Petani


Socioeconomic characteristics of the farmer organizations diukur melalui TIGA kelompok variabel berikut:

Satu, Market access variables. Diukur atas jaraknya terhadap 3 variabel yaitu jarak ke jalan utama (To the main road), jarak ke pasar desa (To village market), dan jarak ke pasar utama (To main market)

Dua, Group characteristics. Karakter kelompok diukur dari 4 variabel yaitu: umur kelompok (Age of group) dalma tahun,  ukuran kelompok (Size of the group) yakni berapa orang anggotanya, rata-ratap penidikan anggotanya (Mean members education) dalam tahun, dan umur dari pimpinan kelompok (Age of leader) dalam tahun.

Tiga, Social capital indicators (indikator modal sosial) yang dikukur dalam %. Ada 6 variabel yang dikumpulkan disini yaitu: Density of membership, Group diversity index, Decision-making index, Solidarity index, Meeting attendance, dan Trust index.

*****