Total Tayangan Laman

Minggu, 17 April 2011

Mempelajari Struktur dan dinamika Kelompok

Sebagian dari tool untuk mempelajari struktur dan dinamika kelompok, adalah sbb.:

1. Indeks Hemphill untuk Dimensi Kelompok. Indeks didesain untuk mengukur karakteristik dari dimensi grup. Indeks disusun atas 13 kelompok independen dimensi grup yaitu: otonomi, kontrol, fleksibilitas, hedonic tone, homogenitas, keakraban, partisipasi, permeability, polarisasi, pretensi, stabilitas, stratifikasi dan viscidity. Ada 150 items pertanyaan dengan pilihan jawaban skala 1 sampai 5.

2. Analisis proses interaksi Bales. Ini untuk mengukur interaksi antar kelompok. Indesk terdiri atas 12 katdgori yaitu: solidaritas yang ditunjukkan, tensi yang tampak, persetujuan, pemberian saran, pemberian opini, pemberian orientasi, permintaan untuk orientasi, permintaan untuk opini, permintaan untuk saran, ketidaksetujuan, tensi, dan antagonisme yang diperlihatkan. Skor disusun dengan mendesain tiap orang dalam kelompok dengan jumlah. Tiap interaksi dianalisa sesuai dengan kategori dan tanda dalam skala 1-5 atau jawaban 1 dan 0. Setelah observasi, sejumlah profile dikonstruiksi untuk menetapkan kondisinya.

3. Indeks kohesifeness kelompok dari Seashore. Indeks ini mengukur kekompakan kelompok, yang didefinisikan sebagai atraksi grup atau resistensi untuk meninggalkannya. Test terdiri atas 3 pertanyaan: “Apakah anda merasa bahwa anda benar-benar bagian dari kelompokmu?; “Jika ada kesempatan untuk pindah ke lain kelompok, apakah anda akan pindah?; dan “Bagaimana penilaian anda terhadap kelompok anda dibandingkan kelompok-kelompok sejenis lain?”.

4. Skala sosiometri terhadap pilihan-pilihan spontan dan preferensi sosiometrik. Ini untuk mengukur derajat penerimaan seseorang dalam kelompok, relasi interpersonal yang eksis antar individu dan struktur kelompok.

5. Skala jarak sosial dari Bogardus. Ini digunakan untuk mengukur jarak sosial antar individu dan antar grup. Dapat hanya untuk mengukur jarak sosial dua orang atau lebih. Metode ini diterapkan untuk mengukur jarak rasial, jarak regional, jarak seksual, jarak berdasar umur, jarak antara orang tua dan anak, jarak berdasar beda pendidikan, jarak berbasis kelas, jarak berdasarkan beda pekerjaan, jarak karena perbedaan agama, dan bahkan jarak dalam pergaulan internasional.

6. Skala nilai pertemanan oleh Hagoel. Instrumen ini untuk mengukur empat dimensi dari pertemanan, yaitu: intensitas (perasaan dekat, berbagi rahasia), homofili (kesamaan latar belakang, agama, etnis, ras, pandangan politik, status kawin, dan perbedaan umur), emosionalitas (test konsep polar, pertemanan sebagai sebuah emosi, pengaruh pengalaman atau pertemanan sebagai hal penting untuk mencapai tujuan), dan keintiman (berbagi informasi personal tentang dia sendiri dan orang lain). *****